Seputar Medical Check-Up

Kata medical check-up sudah sering kita dengar baik dari kerabat atau teman kita. Sehingga kata ini bukan kata yang asing buat kita. Bahkan ada yang rela sampai ke luar negri atau membayar mahal untuk melakukannya.

APAKAH MEDICAL CHECK-UP ITU?
Medical check-up sama dengan pemeriksaan fisik. Tetapi masyarakat lebih familier dengan istilah check-up, bahkan orang yang mau kontrol penyakit ke dokter saja mengatakan mau check-up. Jadi masyarakat masih belum bisa membedakan istilah medical check-up yang sebenarnya dengan kontrol ke dokter karena suatu penyakit.

Sebenarnya medical check-up sendiri atau sering disingkat dengan MCU merupakan suatu proses yang dilakukan oleh seorang dokter dalam melakukan pemeriksaan pada tubuh pasien untuk mencari adanya kejanggalan atau gejala dari suatu penyakit. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan secara rutin satu tahun sekali, untuk melihat adanya kejanggalan pada tubuh orang yang tidak memiliki keluhan yang berarti. Tidak ada keluhan bukan berarti tidak ada penyakit dalam tubuh seseorang karena ada juga beberapa penyakit yang tidak mempunyai gejala. Jadi sifatnya seperti air tenang yang menghanyutkan. Tidak terlihat gejala apapun dari luar tetapi tahu-tahu penyakitnya sudah menimbulkan segala macam komplikasi. Seperti hepatitis B yang tidak mempunyai gejala sebelum menimbulkan sirosis hepatis atau kanker hati atau kanker leher rahim yang tidak ada gejala pada tahap awal. Demikian juga orang yang mempunyai kadar gula tinggi pun sering tidak menyadari kalau kadar gulanya tinggi di dalam darah.
Nah disinilah peranan medical check-up untuk menemukannya!

Pemeriksaan medical check-up dilakukan secara lengkap dari kepala sampai dengan kaki, mulai dari anamnesa sampai pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan ini bertujuan :
1. Mendeteksi secara dini adanya suatu penyakit dalam tubuh seseorang. Jadi jangan tunggu sudah ada penyakit atau sudah lanjut usia baru melakukan medical check-up seperti pengertian beberapa orang karena akan terlambat untuk mengetahui adanya penyakit di dalam tubuh.
2. Mengatasi secepat mungkin gangguan kesehatan yang telah ditemukan.
3. Mencegah penyakit yang telah dideteksi secara dini tidak belanjut.
Intinya, medical check-up adalah pencegahan yang dilakukan secara dini untuk menemukan adanya suatu penyakit untuk menghindari komplikasi atau kerugian yang lebih besar yang disebabkan oleh gangguan penyakit.

APA GUNANYA MEDICAL CHECK-UP?
Dengan melakukan medical check up secara rutin minimal 1 tahun sekali, kesehatan kita termonitor dengan baik. Jika sudah mengetahui tubuh kita sehat, kita tidak perlu kuatir dengan berbagai penyakit sehingga kesibukan atau acara penting yang sudah kita persiapkan jauh-jauh hari tidak akan terganggu oleh penyakit.
Jika hasil medical check-up ditemukan adanya gangguan, tentunya dapat segera dilakukan pengobatan untuk mencegah penyakit bertambah parah.
Dengan demikian, medical check-up termasuk pencegahan sekunder, yaitu deteksi dini.

SIAPA SAJA YANG BOLEH MELAKUKAN MEDICAL CHECK-UP?
Medical check-up bisa diikuti oleh siapa saja yaitu :
1. Masyarakat umum
2. Calon nasabah dari sebuah perusahaan asuransi
3. Calon karyawan suatu perusahaan
4. Pemeriksaan berkala karyawan perusahaan

MEDICAL CHECK-UP SEBAGAI INVESTASI BUKAN COST
Medical check-up dapat dikatakan sebagai investasi, karena di Indonesia pengobatan sangat mahal. Karena medical check-up sebagai pencegahan sekunder yaitu deteksi dini, jika sudah terlihat ada yang tidak normal dapat diobati sesegera mungkin untuk menghindari komplikasi lebih lanjut yang membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

Sudahkan anda melakukan medical check-up tahun ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s