Susu Kedelai dapat Mencegah Osteoporosis

Selama ini susu dikenal sebagai salah satu minuman sumber kasium yang baik untuk tulang dan dapat mencegah osteoporosis. Kalau kita berbicara soal susu maka yang paling sering terbesit di pikiran kita adalah susu sapi. Namun ada susu lain yang mempunyai nutrisi yang tidak jauh berbeda dengan susu sapi yaitu susu kedelai. Apakah susu kedelai dapat mencegah osteoporosis?

susu-kedelai-dapat-mencegah-osteoporosis_l-213318-331822

Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan sering menjadi penyebab resiko patah tulang atau fraktur. Menopause yang biasanya terjadi pada wanita usia 40-an atau 50-an, secara dramatis meningkatkan kecepatan keropos tulang, itulah yang menyebabkan osteoporosis pada wanita cenderung lebih tinggi dibandingkan pria.

Cara terbaik mencegah osteoporosis adalah dengan menjaga asupan gizi sedini mungkin yang berkaitan dengan pembentukan tulang seperti kalsium dan vitamin D. Susu sapi telah lama diketahui sebagai sumber kalsium, namun ternyata susu yang terbuat dari kacang kedelai terbukti kaya akan kalsium dengan penyerapan yang lebih baik sehingga mampu menjaga tulang dan mencegah osteoporosis.
Di dalam susu kedelai juga terdapat isoflavon yang dikenal dengan phytoestrogen yang tidak terdapat dalam susu sapi. Phytoestrogen merupakan senyawa kimia berefek seperti estrogen. Hasil penelitian Linus Pauling Institute menyatakan bahwa efek estrogen dari phytoestrogen bisa membantu memelihara dan menjaga tulang. Senada dengan hal ini juga telah dilakukan penelitian dan menunjukkan hal yang sama pada tahun 2002. Phytoestrogen dalam kedelai diyakini memiliki efek mampu merangsang metabolism dan membangun tulang. Proses membangun tulang dikoordinasikan oleh sel-sel osteoblastik, sedangkan kerusakan tulang dirangsang oleh sel osteoclastical. Pada usia sampai sekitar 20 tahun pertumbuhan didominasi oleh sel-sel osteoblastik sehingga tulang tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu, untuk menbangun tulang hingga usia berapa pun dan mencegah osteoporosis bisa melalui pola makan dan olahraga. Dengan menkonsumsi 2 cangkir susu kedelai setiap hari sudah cukup untuk membantu tubuh membangun tulang dan mengurangi resiko osteoporosis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s