Prostat & Seksual Pria

Prostat adalah kelenjar seks pria yang terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kencing (uretra). Ukuran organ ini sebesar biji kemiri dengan diameter empat sentimeter. Prostat berfungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat. Ketika pria mencapai usia pubertas, kelenjar prostat mulai memproduksi cairan mani.

1. Radang Prostat
Atau prostatitis disebabkan oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan prostat menjadi meradang, membengkak, dan terasa amat sakit. Radang prostat biasanya diderita oleh kaum pria yang berulang kali mengalami radang saluran kemih. Bakteri penyebab radang ini adalah bakteri Escherichia coli, Klebsiella, Enterobakteri, Pseudomonas, Streptokokkus, dan Stafilokokkus. Gejala yang sering timbul adalah rasa sakit sewaktu ejakulasi ketika berhubungan seksual, adanya darah di dalam sperma, dan penurunan fungsi seksual.

2. Kanker Prostat
Kanker ini menyerang kelenjar prostat, sehingga sel-sel tumbuh abnormal dan tidak terkendali. Kanker prostat jarang menyerang pria di bawah 45 tahun kecuali jika ada di antara keluarga Anda yang demikian. Penyakit ini biasanya dapat disembuhkan apabila terdeteksi dalam tahap dini. Permasalahan yang sering timbul adalah kanker ini sering tumbuh diam-diam dalam kelenjar prostat tanpa gejala apa pun sampai pada akhirnya menyebar ke tulang dan jaringan di sekitarnya.

3. Hypertrophy Prostat
Penyakit ini ditandai dengan membesarnya kelenjar prostat secara berangsur-angsur. Pada umumnya dialami pria berumur matang dan jarang ditemukan pada pria sebelum usia 40. Prostat normal pada pria mengalami peningkatan ukuran yang lambat dari lahir sampai pubertas dan ada peningkatan yang cepat dalam ukuran yang kontinu sampai usia akhir 30-an. Hypertrophy prostat masih belum diketahui sebabnya sampai sekarang. Kemungkinan akibat faktor hormonal. Kini, hal tersebut diduga karena faktor kekurangan asupan mineral zinc.

Penyebaran penyakit kelamin pada pria lebih banyak disebabkan karena pengaruh kehidupan seksual dan kebersihan yang tidak diperhatikan dengan teliti. Penyakit ini sangat mengganggu dan bahkan dapat berujung kematian. Apabila tidak dilakukan pengobatan dengan segera maka bisa menyebar ke orang lain tanpa disadari. Macam-macam penyakit kelamin yang dialami oleh pria dapat dikategorikan menjadi 6 tipe:
1. HIV/AIDS
merupakan penyakit menular yang sangat mematikan. Dapat terjadi melalui penularan secara seksual, penggunaan jarum suntik, dan transfusi darah. Sebagian besar penderita yang terkena penyakit ini menemui ajal mereka. HIV merupakan virus yang menurunkan sistem kekebalan tubuh dan saat ini sedang berusaha ditemukan pengobatan yang efektif untuk menekan pertumbuhan virus. Gejala yang dialami penderita biasanya menyerupai penyakit flu, mudah lelah, munculnya ruam dan jamur. Biasanya, ketika pertama kali terinfeksi, penderita tidak akan menunjukan gejala apapun.

2. Gonorrhea
Penyakit ini menyerang saluran kencing sehingga sering terjadi peradangan ketika buang air kecil. Apabila seorang laki-laki mengalaminya dan tidak melakukan pengobatan maka bisa memperburuk kondisi dan dinyatakan tidak subur lagi. Penderita juga semakin berpotensi untuk mengalami HIV/AIDS.

3. Chlamydia
Gejala yang dirasakan oleh penderita yaitu area testikel mengalami peradangan lalu menyebar ke area prostat dan juga saluran kencing. Infeksi ini biasanya menyebar karena pengaruh dari infeksi dan umumnya sering dialami oleh para pria berusia muda.

4. Herpes
Penyakit yang disebabkan oleh virus bernama HSV-2 ini membuat area kelamin mengalami luka-luka dan bisa dialami oleh para pria tanpa memandang faktor usia.

5. Human Papillomavirus
Salah satu penyakit kelamin pada pria yang disebabkan oleh penularan virus dan sering dianggap sebagai salah satu penyebab kanker pada wanita. Virus ini menimbulkan kutil di area kelamin dan para pria berpotensi mengalami kanker pada penis. Penularan virus ini terjadi secara seksual. Wanita juga dapat mengalaminya yang ditularkan dari pasangan pria.

6. Syphilis
Penyakit ini sangat berbahaya tetapi tidak perlu dikhawatirkan karena pengobatannya sudah cukup efektif. Meskipun demikian, penyakit ini harus dihindari karena membuat anda menjadi merasa tidak nyaman.

7. Disfungsi Ereksi
Disfungsi ereksi atau impotensi (Bahasa Inggris: erectile dysfunction) adalah ketidakmampuan untuk memulai ereksi atau mempertahankan ereksi. Impotensi merupakan akibat dari: kelainan pembuluh darah, kelainan persarafan, obat-obatan, kelainan pada penis, dan masalah psikis yang mempengaruhi gairah seksual.
Penyebab yang bersifat fisik lebih banyak ditemukan pada pria lanjut usia, sedangkan masalah psikis lebih sering terjadi pada pria yang lebih muda. Semakin bertambah umur seorang pria, maka impotensi semakin sering terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s