Kantung Empedu

Kantung empedu atau kandung empedu (Bahasa Inggris: gallbladder) adalah organ berbentuk buah pir yang dapat menyimpan sekitar 50 ml empedu yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan. Organ ini terhubung dengan hati dan usus dua belas jari melalui saluran empedu.

1. Kolesistitis / Radang Kandung Empedu
Berupa inflamasi dinding kandung empedu. Biasanya radang ini disertai nyeri perut kanan atas, nyeri tekan, dan panas badan. Dikenal dua klasifikasi yaitu kolesistitis akut dan kronis.
Cholesistektomy adalah bedah pengangkatan kandung empedu (biasanya untuk relief batu empedu sakit)

2. Batu Kantung Empedu / Kholelithiasis
Batu yang terbentuk di dalam kantong empedu (Gall Bladder) atau di dalam saluran empedu (bile duct). Cairan empedu diproduksi di dalam hati, dialirkan ke dalam saluran empedu, dan sebagian masuk disimpan di dalam Kantong Empedu. Pada saat makan, cairan empedu dipompa masuk ke dalam usus 12 jari (duodenum), untuk mencerna (emulsi) lemak.

Faktor resiko terjadinya Batu Empedu adalah Jenis kelamin. Wanita lebih sering didapatkan menderita batu empedu daripada lelaki. Biasanya terjadi pada umur lebih dari 40 tahun tetapi dapat pula terjadi di bawah usia 40 tahun. Batu empedu lebih banyak didapatkan pada wanita yang subur (banyak anak). Orang gemuk (obesitas) lebih sering didapatkan menderita batu empedu daripada orang kurus.

3. Kanker Empedu
Tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan kandung empedu. Perbandingan tumbuhnya kanker kandung empedu pada pria dan wanita adalah 1 : 2, terutama pada wanita yang berumur 60 ke atas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s