Tulang & Sendi

Ada banyak jenis penyakit tulang termasuk peradangan persendian, tumor dan beberapa diantaranya termasuk penyakit degeneratif dalam kategori silence disease karena gejala terhadap penyakit ini tidak terasa bagi orang yang mengalaminya dan secara tidak langsung dapat menyebabkan beragam hal yang dapat membuat seseorang meninggal dunia.

Macam-macam penyakit tulang sangat beragam dan tentunya penyebabnya juga pasti bervariasi, antara lain: kelainan bawaan, radang/inflamasi, trauma, berbagai macam patah tulang akibat kecelakaan, tumor, degeneratif akibat proses menua, atau akibat kelainan tulang yang lain (contoh: low back pain, cervical pain, neck shoulder arm syndrom, dll), dan sebab lain yang belum diketahui.

Jenis penyakit tulang yang paling sering dijumpai :
1. Osteoporosis / Tulang Rapuh
Adalah kondisi di mana tulang rapuh karena tingkat kepadatan tulang menurun sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah. Umumnya osteoporisis disebabkan karena kekurangan asupan kalsium pada tulang

2. Radang Sendi / Artritis
(Bahasa Inggris: Rheumatoid Arthritis) adalah radang sendi yang memberikan rasa sakit dan terkadang terjadi perubahan posisi tulang. Salah satu contoh artritis yang terkenal adalah rematik.

3. Ankilosis
Adalah gangguan pada sendi dimana sendi tidak dapat digerakkan dan ujung-ujung antar tulang serasa bersatu.

4. Osteomalacia
Penyakit ini mengakibatkan tulang menjadi lunglai diakibatkan kekurangan vitamin D atau kesalahan metabolisme di dalam tubuh. Sama halnya dengan osteoporosis, osteomalacia juga berpotensi membuat tulang cepat patah.

5. Rickets
Sering dialami oleh anak-anak yang sedang tumbuh. Formasi tulang pada penderita rickets abnormal, yaitu terjadi penumpukan kalsium di dalam tulang karena terlalu banyak mengonsumsi susu berkalsium atau akibat radiasi sinar matahari.

6. Rakitis
Adalah penyakit tulang yang terjadi akibat kekurangan vitamin D sehingga menyebabkan bentuk tulang kaki bengkok membentuk huruf O atau X.

7. Asam Urat
(Bahasa Inggris: Gout Arthritis). Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang. Berbagai sayuran dan buah-buahan terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini. Penyakit gout juga berhubungan dengan kondisi tertentu, misalnya penyakit ginjal. Banyak pula obat-obatan yang bisa membuat kadar asam urat meningkat.

Gejala Asam Urat, antara lain:
– Kesemutan dan linu
– Nyeri terutama pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur.
– Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.

8. Kanker Tulang
Kanker ini muncul melalui organ tubuh hingga menyebar ke tulang. Gejala kanker tulang adalah sebagai berikut:
1. Rasa Nyeri atau Sakit
2. Badan Terasa Lemah
3. Kepekaan berkurang
4. Inkontinensia (kehilangan kontrol kandung kemih dan usus)
5. Kelumpuhan
Yang tergolong kanker tulang antara lain:
– Mieloma multipel
– Osteosarkoma
– Fibrosarkoma & Histiositoma Fibrosa Maligna
– Kondrosarkoma
– Tumor Ewing
– Limfoma Tulang Maligna.

9. Bursitis
Adalah suatu peradangan pada bagian bursae. Bursitis mengakibatkan pengumpulan sedikit cairan dan mengisi kantung pada bagian sambungan, otot, urat daging dan tulang yang berakibat adanya gangguan rasa nyeri. Bursitis dapat disebabkan oleh gerakan yang berulang-ulang dan tekanan yang berlebihan(trauma), infeksi, penumpukan kristal, luka-luka makanan, alergi udara, atau kekurangan zat kapur.

Gejala khas dari bursitis adalah terjadi rasa sakit pada bagian tulang bahu, pembengkakan ibu jari, atau bahu terasa kaku, nyeri bertambah buruk selama dan setelah aktivitas.

10. Fraktur / Patah Tulang
Adalah terputusnya kontinuitas tulang dan ditentukan sesuai jenis dan luasnya atau setiap retak atau patah pada tulang yang utuh. Nyeri terus menerus, hilangnya fungsi, deformitas, pemendekan ekstremitas, krepitus, pembengkakan lokal dan perubahan warna.

11. Kanker Darah / Leukimia
Merupakan penyakit dalam klasifikasi kanker (istilah medis: neoplasma) pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih). Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia memengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s